Cara Mengatasi Kulit Kepala yang Sangat Sensitif

Cara Mengatasi Kulit Kepala yang Sangat Sensitif

  • Apakah kulit kepala Anda berjerawat? Berwarna kemerahan? Sering terasa gatal, bahkan perih seperti terbakar? Mungkin Anda memiliki kulit kepala yang sangat sensitif. Hal ini jelas mengganggu, lalu bagaimana cara mengatasinya?

Bagi para pemilik kulit kepala sensitif gunakan selalu air dingin saat mencuci rambut. (iStockphoto) 
Menurut beberapa pakar kondisi kulit kepala sensitif ini tidak terjadi secara alamiah. Melainkan akibat dari pemakaian produk rambut yang kurang tepat, sehingga terjadi iritasi. Untuk mengatasinya, minyak alami merupakan salah satu solusi terbaik.
 
1. Minyak jojoba
Minyak ini sangat cocok digunakan untuk kondisi kulit kepala yang kering dan terkelupas. Artikel dari Natural Health menjelaskan bahwa minyak jojoba adalah solusi untuk kulit kepala yang sensitif. Caranya, tuang sekitar 30 ml jojoba pada kepala kemudian pijat lembut selama lima menit. Setelah itu cuci rambut dan bilas minyak hingga bersih.
 
2. ‘Tea Tree oil’
Tea tree oil merupakan antiseptik alami yang dapat membantu atasi masalah yang berhubungan dengan jerawat dan kulit kepala sensitif. Dalam artikel dari Herbal Musings, tea tree oil dapat digunakan untuk mengobati ketombe, jerawat, infeksi kulit kepala dan bahkan menghilangkan kutu. Pastikan untuk mencampur tea tree oil dengan air atau minyak alami lainnya sebelum dipakai langsung ke kulit kepala. Hal ini dikarenakan tea tree oil dapat menyebabkan rasa menyengat dan sedikit perih.
 
3. Cuka apel
Kandungan asam asetat, asam sitrat, asam laktat dan maleat yang ada pada cuka apel dipercaya dapat menetralkan peradangan pada kulit kepala. Tinginya kandungan enzim dalam cuka apel tidak hanya dapat membantu menghilangkan ketombe dan gatal, namun juga mengurangi penipisan pada rambut.

Gunakan cuka apel yang sudah dilarutkan dalam air setelah keramas. Ingat, bagi para pemilik kulit kepala sensitif gunakan selalu air dingin saat mencuci rambut. Air hangat hanya akan membuat kulit kepala menjadi lebih kering dan memperparah kondisinya.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s